Kejurnas Bridge Indonesia

Blog ini akan berisi berbagai informasi tentang pelaksanaan Kejurnas Bridge dari tahun ke tahun sejak tahun 2008.

Selasa, 14 April 2009

Dari Arena Mixed Pairs

Oleh : Bert Toar Polii (Berce)

Pertandingan Mixed Pairs Kejurnas kali ini rasanya merupakan kali pertama dimana hamper semua pemain terbaik Indonesia tumplek. Mungkin juga karena nomor pertandingan Mixed Pair untuk pertama kali akan dipertandingakan di PON XVII maka banyak pasangan mixed yang akan terjun di arena PON memanfaatkan arena ini sebagai arena uji coba. Bayangkan di putra ada Denny sacul, Taufik Asbi, Robert Tobing, Noldy George, Jemmy Bojoh dan Leslie Gontha sedangkan dibagian putrid hamper semua pemain nasional ikut kecuali Riatini yang sedang hamil. Ada Lusje, Joice, Fera, Irne, Conny, Suci, Nana dan lain-lain. Selain mereka, Jabar, Banten, Sumbar, Kaltim, Kalbar dan Sulut memanfatkan arena ini sebagai latih tanding untuk PON.

Penulis sendiri ikut bermain bersama istri. Pengalaman bermain bersama istri pada awalnya begitu menyenangkan (sebelum kawin) tapi selanjutnya setelah kawin situasi berubah. Masing-masing mempertahankan egonya dan akhirnya pertengkaran dimeja bridge berlanjut dirumah. Untunglah setelah usia makin meningkat dimana masing-masing bias menahan egonya akhirnya situasi seperti saat pacaran bias terulang kembali. Beberapa aturan telah dibuat (walaupun sering juga dilanggar J) seperti jangan diskusi diatas meja, semua kesalahan wajib dicacat dan nanti didiskusikan dirumah dan terakhir buru-buru minta maaf kalau sudah salah.


 

Beberapa papan menarik dari arena mixed pairs.


 

7/S/Semua        S

            H AJ9652

            D A

            C AK10642

S 743                        S 10985

H Q873                    H 4

D K42                        D J9765

C Q53                        C J98

            S AKQJ62

            H K10

            D Q1083

            C 7


 

Utara        Selatan

Tracy        Berce

        1S

2H        3S

4C        4H

5C        5S

//


 

Papan ini cukup menarik untuk menjadi bahan diskusi bagaimana mencapai kontrak terbaik 7S?

Ditempat penulis terjadi kesalahpahaman sehingga akhirnya hanya main 5S. Seharusnya setelah 2 over 1 maka jump suit dari opener menunjukan suit yang sangat bagus dengan maksimum 1 loser walaupun partner void diwarna tersebut. Kalau itu sudah dijanjikan maka berarti 3S adalah set trup, 4C dan 4H cue-bid (partnership kita mengijinkan untuk cue-bid pertama dengan K asalkan itu warna partner. Setelah 4H maka responder tinggal bid 5NT untuk menanyakan kekuatan spade. Jawaban bias diatur seperti ini : 1 Step 6 kartu 1 loser, 6 kartu tdk ada loser, 7 kartu 1 loser, 7 kartu tidak ada loser.


 

17/U/Tidak ada    S K10872

            H 6

            D 10853

            C 876

S 9653                        S 4

H J942                        H AQ10873

D 7                        D Q64

C AQ53                    C 1094

            S AQJ

            H K5

            D AKJ92

            C KJ2


 

Barat        Utara        Timur        Selatan

Tracy                Berce

        Pass        2H        Dbl

4H        Pass        4H        Dbl

//

Pilihan pas untuk penalty seharusnya bukan pilihan yang tepat apalagi ada pegang 5 kartu spade. Tapi, sering sisti pertndingan Match-point atau yang lebih dikenal dengan Top-bottom mempengaruhi jaan pikiran pemain. Lawan lead DA kemudian main SA dilanjutkan spade. Setelah declarer ruff ia ke dummy dengan diamond ruff kemudian potong heart dan kalah. Lawan kembali serang spade dan sekarang kunci permainan ada di club. Penulis yang melihat ada peluang jika selatan pegang CKJ dan tidak cover untuk itu penulis menjatuhkan angka 9 dan benar selatan tidak cover dan kontrak bikin. Cara bermain seperti ini sering tidak dijalankan dengan baik terutama para pemula. Coba kalau kita main C10 rasanya hamper semua pemain selatan akan cover akan berbeda secara psikologis jika kita mai C9 cobalah dipraktekan.


 

6/TB/T            S A8

            H 1096

            D QJ43

            C A952

S Q754                    S J962

H 43                        H K82

D AK972                    D 105

C J4                        C Q763

            S K103

            H AQJ75

            D 86

            C K108


 

Barat        Utara        Timur        Selatan

Tracy                Berce

-        -        Pass        1H        

Pass        4H        //


 

Lawan lead DA kemudian beralih serang CJ yang penulis ambil didummy kemudian main potong heart dan setelah berhasil aku main diamond dan akan langsung claim bikin lima. Eh ternyata pemain barat berpikir lain ia memberikan duck diamond dan membuat penulis langsung potong club ambil club Ace dan claim up dua dengan cara main double squeeze.


 

6/TB/T            S A8

            H

            D Q

            C 9

S Q75                        S J96

H                         H

D K                        D

C                         C Q

            S K103

            H 5

            D

            C

Pada posisi ini penulis akan main H5 dan barat terpaksa discard spade untuk mempertahankan diaomond dan dimeja kemudian penulis buang DQ yang sudah tidak berguna. Kini ancaman beralih ke barat yang harus mempertahankan club Q sebab di dummy ada pengancam C9. Akhirnya timur ikut discard S membuat declarer mendapat 3 trik dari spade.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda